Pendampingan Individu 2 CGP Angkatan 11, Purnama Disastra, S.S.,S.Pd

Kota Bima, 07 Agustus 2024

Pada hari Rabu,  tanggal 07 Agustus 2024 telah dilaksanakan kegiatan pendampingan program pendidikan calon guru penggerak angkatan 11, Purnama Disastra, S.S.,S.Pd oleh Pengajar Praktik Bapak Saifullah, S.Pd.,M.M di SDN 13 Kolo Kota Bima. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan Staf SDN 13 Kolo Kota Bima. Tema yang di usung pada kesempatan ini ialah "Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah". Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan dan menyamakan persepsi di antara guru dan calon guru penggerak mengenai visi sekolah yang ingin dicapai.

Kegiatan pendampingan di awali oleh sambutan dari pengajar praktik  dan Kepala Sekolah. Dalam sambutannya Pak Saiful meminta partisipasi aktif dari seluruh peserta kegiatan hari ini.

 "Pada tahap ini CGP dilatih untuk dapat memimpin sebuah organisasi ataupun sebuah lembaga. Maka tahapan yang pertama dilakukan, ialah membentuk Visi. Jika sudah menjadi mimpi sendiri maka wujudkan menjadi mimpi bersama. Jadi bapak/ibu guru di mohon untuk terlibat aktif dalam memberikan saran dan pendapat dalam sesi diskusi." Terangnya.

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh calon guru penggerak. Sebagai rangkaian dari presentasi terdapat sesi diskusi antara CGP dalam hal ini Pak Pur dan dewan guru. Beberapa memberikan pandangan terkait Visi dan Misi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah sesuai dengan perspektifnya. Mukrin, S.Pd, M.Ali Nur Iksan, S.Pd dan Tanti Setiawati, S.Pd turut menyumbangkan pendapat dan sarannya.

Meskipun sesi diskusi telah di akhiri, nampaknya guru-guru masih semangat untuk terus bertukar pikir. Bahkan hingga akhir kegiatan, pengajar praktik Bapak Saifullah masih di hampiri untuk sekedar menjawab pertanyaan dari guru-guru. Meski demikian, rangkaian kegiatan pendamingan CGP dapat dilewati dengan lancar.

Visi sekolah yang dirumuskan diharapkan dapat menjadi pedoman bagi seluruh warga sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan berpusat pada siswa.

 

Ya.