Kamis Literasi; Memahami Makna Yang Terkandung Dalam Cerpen Yang Didengar

Kota Bima, 25 April 2024

Kamis Literasi 25 April 2024 dihalaman SD Negeri 13 Kolo Kota Bima. Kegiatan dipandu oleh guru berbadan mungil Nurhidayah, S.S dan diikuti oleh peserta didik dari kelas I hingga kelas VI.

Jika dulu definisi literasi hanya merujuk pada kemampuan membaca dan menulis, saat ini istilah literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas.

Seperti pada hari ini para murid mendengarkan sebuah cerita pendek yang sarat akan pesan moral melalui audio dengan judul " Semut dan Burung Merpati ". Seluruh peserta didik tampak antusias mendengarkan pasalnya di akhir kegiatan diadakan Quiz seputar cerita yang mereka dengar. Dan yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan memperoleh reward.

Setelah soal diberikan, para murid berebut untuk menjawab namun yang terpilih hanya 2 orang yakni Rara Agisti dari kelas VI dan Ifa dari kelas 3a. keduanya berhasil menjawab soal dengan benar dan memperoleh hadiah.

Nurhidayah, S.S menuturkan bahwa hal tersebut dilakukan untuk menarik minat siswa dalam belajar.

" Jika proses belajarnya monoton maka siswa akan cepat ngantuk, oleh karena itu saya memilih menggunakan audio untuk menarik perhatian siswa terlebih dengan adanya reward mereka tambah semangat untuk belajar." Ujarnya.

(Daya)